Apa Penyebab Lampu Motor Mati Semua? Berikut Informasi dan Cara Mengatasinya

Lampu merupakan komponen penting yang harus ada di setiap motor. Tanpanya, anda tidak dapat melihat jalanan dengan jelas sehingga rawan terjadi kecelakaan. Akan tetapi, salah satu kendala yang kerap terjadi pada lampu adalah kondisinya yang tiba tiba mati. Lantas apa yang menjadi penyebab lampu motor mati semua? Yuk simak ulasan lengkapnya di sini.

Table of Contents

Penyebab Lampu Sepeda Motor Mati Semua

  1. Kiprok Rusak

Penyebab pertama mengapa lampu motor bisa mati adalah kiprok yang rusak. Jika kiprok rusak, maka aliran listrik yang mengalir menuju lampu terlalu berlebihan. Pada akhirnya, lampu akan cepat panas. Apabila masalah ini muncul, anda perlu melakukan penggantian kiprok dengan yang baru. Langkah ini penting karena tanpa komponen tersebut, aliran listrik dari aki tidak dapat disesuaikan.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kerusakan komponen dalam motor juga dapat mempengaruhi lampunya. Alhasil, meskipun anda mengganti lampu berulang kali, jika komponen tersebut tidak diperbaiki maka hasilnya sama saja. Oleh karena itu diperlukan pengecekan yang lebih mendalam saat gangguan ini muncul.

  1. Terganggunya Spull Penerangan

Gangguan spull penerangan dapat mengakibatkan lampu motor menjadi tidak menyala. Faktor penyebab lampu motor mati semua yang satu ini perlu untuk anda ketahui karena lumayan sering terjadi. Kerusakan pada spull penerangan membuat perangkat tersebut tidak dapat bekerja secara optimal. Alhasil, arus yang mengalir menuju kiprok tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

Langkah yang perlu diambil jika kondisi ini muncul adalah menggulung ulang spull nya. Anda juga bisa langsung membeli yang baru jika merasa cara tersebut kurang praktis. Sebenarnya, masalah ini dapat langsung diselesaikan jika anda membawa motor ke bengkel. Tukang service pasti sudah tahu cara mengatasi permasalahan ini dengan baik dan anda juga tidak perlu repot.

  1. Aki Motor Bermasalah

Aki memiliki fungsi utama sebagai sumber energi pada sepeda motor. Bukan hanya untuk menyalakan kendaraan, aki juga menyuplai listrik untuk lampu. Bahkan cara untuk mengetahui kelayakan aki adalah dengan melihat lampunya. Sehingga tidak salah jika kemungkinan yang menjadi penyebab lampu motor mati semua adalah aki yang sudah soak.

Aki soak akan terjadi pada sepeda motor yang umurnya sudah lebih dari 5 tahun namun belum pernah melakukan penggantian. Hal inilah yang menjadi alasan, mengapa pengecekan rutin pada kendaraan itu sangat penting. Perlu diingat bahwa setiap komponen dalam motor berpengaruh satu sama lain.

  1. Saklar yang Kotor

Penyebab selanjutnya yang mungkin terjadi adalah kondisi saklar yang kotor. Komponen ini memegang peran penting untuk mengatur mati dan hidupnya lampu motor. Kotoran yang menumpuk di saklar dapat menyebabkan tegangan arus listrik yang mengalir menuju lampu menjadi terhambat. Alhasil, lampu tidak dapat menyala meskipun kendaraan sudah dihidupkan.

  1. Balon Lampu Putus

Supaya lampu penerangan kendaraan dapat bertahan lama, anda perlu memakai jenis lampu yang kapasitas arusnya sesuai dengan motor. Jika anda menggunakan lampu yang tegangannya lebih besar dari ukuran standard, maka dapat dipastikan menjadi penyebab lampu motor mati semua. Kondisi ini terjadi karena bohlam motor akan cepat putus.

Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan tadi, dapat disimpulkan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan lampu motor mati. Namun dari beberapa sumber, dikatakan bahwa penyebab yang paling sering terjadi adalah gangguan pada kiprok. Untuk mengetahuinya lebih dalam, anda bisa bertanya pada ahlinya atau mengambil kursus mekanik motor.