Millennials Harus Tahu! Cara Berbisnis Tanpa Modal Yang Wajib Dicoba

April 2, 2021 By Yessi Comotiga Off

 

Banyak dari kita beranggapan bahwa, dalam memulai suatu usaha diawali dengan memiliki modal yang cukup. Di era perkembangan teknologi saat ini, tidak semua usaha harus diawali dengan memiliki modal. Tentu hal ini menjadi solusi, karena mengumpulkan biaya investasi besar untuk modal awal tidaklah mudah. Berikut ini, cara berbisnis tanpa modal yang dapat kamu lakukan!

Memulai Bisnis Tanpa Modal Sepeserpun!

1. Memanfaatkan Hobi Fotografi

Rekomendasi ide bisnis tanpa modal pertama yaitu menjual foto. Buat kamu yang punya hobi fotografi, tentunya hal ini menjadi kesempatanmu untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan cara menjual foto hasil jepretanmu. Ide satu ini, tentu saja tidak perlu modal awal. Kamu hanya membutuhkan kamera digital atau bahkan smartphone dan Wi-Fi untuk mengupload gambar.

  1. Bergabung dengan Dropshipper

Menjadi dropshipper bisa menjadi ide bisnismu tanpa modal, karena bisa menjual barang dari orang atau toko lain dengan mengatasnamakan tokomu. Melalui dropshipper, kamu hanya perlu melakukan promosi melalui akun media sosial atau langsung menawarkannya kepada orang lain. Dengan begitu kamu sudah bisa meraup keuntungan. Menarik untuk dicoba bukan?

  1. Ide Desain Grafis Yang Menjual

Bagi kamu yang memiliki skill desain grafis, bisa menjadi keuntungan tersendiri. Pasalnya, skill ini sangat dibutuhkan di era digital seperti ini. Skill yang kamu punya bahkan bisa menjadi pekerjaan utama. Lagi-lagi, skill ini juga bisa menjadi cara berbisnis tanpa modal. Kamu dapat bergabung bersama marketplace yang mewadahi jasa untuk menjual hasil desainmu.

  1. Menjadi Penulis

Jika dulu banyak yang memandang rendah pekerjaan satu ini, kini pekerjaan penulis lepas menjadi booming lagi karena era digital advertisement yang sedang naik-naiknya. Kamu bisa menjadi content writer atau copywriter di beberapa perusahaan yang menginginkan seorang penulis sebagai branding promosi produknya atau untuk penulisan artikel pada websitenya.

Meski terkadang terdapat perusahaan website yang mempekerjakan seorang penulis secara full time, tidak sedikit juga yang membuka lowongan freelance sebagai content writer. Untuk bekerja dibidang ini, kamu hanya perlu bermodal laptop dan koneksi internet saja. Menjadi content writer freelance juga menjadi langkah yang bagus, karena bisa bekerja dimanapun kamu berada.

 

 

  1. Menjadi Blogger

Selain bekerja sebagai content writer atau copywriter, cara lain untuk mengembangkan hobi menulis yaitu dengan menjadi blogger. Dengan menjadi blogger, kamu bisa memilih sendiri tema dan pembahasan yang ingin kamu tulis pada blogmu. Hal  ini bisa menjadi alternatif yang bagus untuk memulai bisnis tanpa modal.

Tidak menutup kemungkinan ide ini dapat menghasilkan uang seperti misalnya dengan memasang iklan melalui Google Adsense atau dengan menjual jasa review suatu produk atau pelayanan tertentu. Untuk memulai usaha ini, yang perlu kamu perhatikan adalah ketekunan dalam mengembangkan blog yang kamu buat.

  1. Bekerja Sebagai Admin Media Sosial

Hampir semua perusahaan kini menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan produk dari usahanya. Untuk itu, lowongan dibidang admin media sosial pun menjadi marak di masyarakat. Tugas dari admin media sosial yaitu membuat konten menarik dalam akun media sosial perusahaan, meningkatkan jumlah followers serta berinteraksi dengan followers.

Banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi goaccuratesoft.com sebagai aplikasi yang menunjang penjualan online mereka. Aplikasi kasir toko yang paling serbaguna untuk menjalankan dan membantu bisnis retail suatu perusahaan agar lebih baik. Aplikasi kasir toko yang sudah banyak dipercaya oleh banyak pebisnis untuk menunjang penjualan ritel mereka.

Itu tadi berbagai ide bisnis tanpa modal yang bisa kamu coba. Memulai suatu usaha tidak selalu membutuhkan modal yang besar, tetapi juga bisa dimulai dengan hanya bermodalkan skill saja seperti menjadi penulis atau membuat blogger. Oleh karena itu, mengasah skill untuk menambah income sangat penting dilakukan di era yang serba digital seperti sekarang ini.