Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan

April 9, 2021 By Yessi Comotiga Off

Gunung Samet merupakan sebuah gunung yang dijuluki sebagai atap Provinsi Jawa Tengah karena Gunung Slamet ini merupakan gunung yang tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl. Selain itu, gunung ini pun termasuk ke dalam 2 gunung tertinggi di Pulau Jawa, setelah Gunung Semeru di posisi pertama. Pesona dan keindahan Gunung Slamet ini membuat para pendaki tertarik untuk melakukan pendakian selama berjam-jam lamanya untuk menuju ke puncak Gunung Slamet yang bernama puncak Surono.

 

Beberapa Jalur Pendakian Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan sebuah gunung yang secara administratif termasuk ke dalam 5 wilayah yaitu Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Brebes, Tegal, dan Pemalang. Untuk menuju ke puncak Gunung Slamet, terdapat beberapa rute atau jalur yang bisa dilewati oleh para pendaki. Jalur nya pun terbilang cukup banyak, yaitu jalur pendakian via Bambangan, Gunung Malang, Dipajaya, Jurang Mangu, Penakir, Cemara Sakti, Baturraden, Guci, Sawangan, Dukuh Liwung, Kaliwadas, serta Kaligua.

 

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan pendakian menuju ke puncak Gunung Slamet via Bambangan, pertama-tama anda harus menggunakan transportasi umum atau pribadi untuk menuju basecamp Bambangan yang berlokasi di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Kemudian anda harus melewati beberapa pos, yaitu dari pos 1 hingga pos 9 untuk menuju ke puncak. Setelah sampai di pos 9 yang bernama pos Plawangan, anda bisa menuju ke puncak Gunung Slamet yang bernama Puncak Surono. Total waktu yang ditempuh untuk mencapai puncak Gunung Slamet ini sekitar 7 hingga 8 jam.

 

Itulah merupakan informasi mengenai jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan yang berada di Kabupaten Purbalingga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang hendak melakukan pendakian Gunung Slamet dalam waktu dekat.