Keutaman Birrul Walidain

March 3, 2021 By Yessi Comotiga Off

Orang tua adalah orang nomor satu yang harus kita hormati, merkea yang ikhlas mendidik dan membesarkan kita hingga saat ini. Barang siapa yang berani dengan kedua orang tuanya, allah memberikan ancaman yangt berat bagianya. Oleh sebab itu khutbah tentang birrul walidain mengajarkan terkait bagaimana keutamaan menghormati serta membahagiakan kedua orang tua.

Menghormati kedua orang tua adalah perkara yang wajib bagi semua kaum muslimin. Pasalnya, kedua orang tua adalah orang yang paling ikhlas merawat anak-anaknya. Didalam islam diajarkan tentang keutamaan menghormati kedua orang tua, bahkan setetes air susu yang kita minum dari ibu takan pernah bisa kita membalas budinya. Maka dari itulah sebagai anak kita harus benar-benar bisa menghargai orang tua.

Sehebat apapun, seorang anak takan bisa membalas jasa kedua orang tuanya, karna kasih orang tua tak dapat ditukar dengan harta dan sebagainya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai hal tersebut.

Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Pixabay.com

  • Dalam islam, berbakti dengan kedua orang tua adalah suatu kewajiban bagi ummat muslim.
  • Berbakti dengan kedua orang tua akan sama halnya membuat allah meridhai atas apa yang kamu lakukan.
  • Mengamalkan warisan para nabi, karna kalangan nabi begitu mencintai seorang ibu.
  • Keridhoan allah sebenarnya melihat bagaimana ridha seorang ibu. Jika ibumu tidak meridhai, kamu juga akan sulit mendapat ridha allah swt.
  • Surga berada dibawah telapak kaki ibu, oleh sebab itu berbaktilah kepadanya.
  • Meski kita adalah orang yang banyak dosa, berbuat baik kepada orang tua adalah kunci menebus dosa kepada allah swt.
  • Do’a kedua orang tua sangat mujarab, memohonlah do’a kepadanya.

Sebagai seorang anak, berbuat baik kepada kedua orang tua adalah kewajiban yang tak bisa dinafikan lagi. Menghormati entah itu dalam bentuk fikiran maupun suatu tindakan. Berikut kami berikan contoh penerapan dari burul walidain:

Tatacara Menerapkan Keutamaan Birrul Walidain

Pixabay.com

  • Senantiada Berdo’a untuk orang tua, Mendoakan kedua orang tua di tiap-tiap sujud shalat lima waktu. Orang tua tidak berharap lebih dari seorang anak. Pasalnya, harapan satu-satunya kedua orang tua ketika setelah meninggal adalah do’a dari seorang anak.
  • Meringankan beban orang tua, Apabila kita belum bisa membantu dalam bentuk financial, kita juga bisa membantunya dari segi pekerjaan. Meringankan beban kedua orang tua adalah perkara yang sangat mulia. Oleh sebab itu, hendaknya kita sebagai anak dapat mengerti bagaimana cara menjaga hati dan perasaan orang tua.
  • Seorang anak dilarang membentak kedua orang tua, hal tersebut adalah tindakan yang dikecam didalam agama. Meskipun orang tua terkadang salah, tetapsaja kita tidak boleh membentaknya sedikitpun, cukup di igatkan dengan bahasa-bahasa yang tidak melukai.

Sesungguhnya orang yang dapat membahagiakan kedua orang tuanya, mereka termasuk orang-orang yang beruntung. Sebagian orang banyak yang kehilangan kesempatan untuk mebahagiakan kedua orang tuanya, bisa saja hal itu disebabkan karna orang tuanya meningga, atau berada di tempat yang jauh. Selain itu, ada juga yang kedua orang tuanya masih ada, tapi mereka tidak punya waktu dan uang untuk membahagiakan orang tuanya.

Sikap memuliakan kedua orang tua adalah kewajiban bagi semua anak. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membahagiakan kedua orang tua. Demikianlah artikel terkait dengan keutamaan birrul walidain yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan, sekian dan termakasih.